Friday, January 15, 2010

pengantar ilmu komunikasi

pengantar ilmu komunikasi

komunikasi berasal dari kata comonis yang berarti sama. jadi komunikasi adalah suatu proses mencari persamaan. tujuan komunikasi adalah:
1. untuk merubah sikap (attitude change)
2. untuk merubah perilaku (behavior change)
3. untuk merubah pendapat (opinion change)
4. untuk perubahan sosial.

bentuk komunikasi:
1. komunikasi personal (pribadi). adalah komunikasi tanpa melibatkan orang lain,terbagi dua:komunikasi antar personal dan komunikasi intra personal.
2. komunikasi kelompok. terbagi tiga yakni: kelompok kecil, kelompok sedang, dan kelompok besar.
3. komunikasi masa.

tahapan komunikasi:
1. komunikasi satu tahap (one step flow comunication), adalah suatu tahapan dimana khalayak belum aktif menyeleksi pesan/media.
2. komunikasi dua tahap (two step flow comunicaion), adalah suatu tahapan komunikasi dimana khalayak sudah mulai aktif. adanya opinion leader, kmunikasi ini menggabungkan bentuk komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa dimana dalam komunikasi antar pribadi mengutamakan hubungan sedangkan komunikasi massa mengutamakan isi.
3. komunikasi banyak tahap (multy step flow comunication), adalah suatu tahapan dimana khalayak aktif menyeleksi pesandan katif menyampaikan pesan ke khalayak lain.

teori komunikasi:
1. teori jarum hipodermik/teori peluru, mengasumsikan bahwa media massa itu sangat powerfull dan khalayak dianggap pasif.
2. teori kultivasi, teori ini berpendapat bahwa pecandu berat televisi membentuk suatu citra yang tidak konsisten dengan kenyataan.
3. teori imperialisme budaya, menurut teori ini bahwasanya manusia tidak mempunyai kebebasan menentukan bagaimana ia berfikir, apa yang ia rasakan, dan bagaimana ia hidup.
4. teori difusi inovasi.
5. teori uses and gratification, mengasumsikan bahwa audiens/khalayak aktif. jadi pengguanan (uses) media massa untuk mendapatkan kepuasan (gratification) atas kebutuhan seseorang.
6. teori agenda setting, menurut teori ini adala bahwasnya media massa membentuk opini publik dengan penayangan berita berulang-ulang.
7. teori determinisme teknologi, media massa merupakan kontrol sosial serta dampak sosial komunikasi massa berfokus pada tulisan dan lisan.
individual defferent theory, mengasumsikan bahwa individual memiliki kepribadian masing-masingyang juga akan mempengaruhi prilaku mereka dalam meresponsesuatu.

thank's

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home